Aqiqah Bagi Anak Kembar

H. Ali Murthado, M. Hum

(Ketua Komisi Informasi & Komunikasi)

Tanya            :

Assalamu’alaikum, Ustadz, Bagaimana pelaksanaan aqiqah bagi anak kembar, yang satu lelaki dan yang satu perempuan?

Wassalam, Rian, Jl. SM Raja, Medan

 

Jawab

Tidak mudah bagi sepasang suami istri bisa memiliki sepasang anak kembar identik laki-laki dan perempuan. Hanya mereka yang bertakdir bagus dan memiliki kesempatan-lah yang bisa memiliki anak kembar sepasang. Untuk mengawali kehidupan si anak dengan benar, sebaiknya segera laksanakan akikahan anak kembar anda. Prosesi akikahan anak kembar sepasang yang baik dan benar itu adalah satu ekor hewan akikah untuk anak perempuan dan dua ekor hewan akikah untuk anak laki-laki masing-masing, tidak boleh diwakilkan atau disatukan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda :

Dari Siba’ bin Tsabit bahwa Muhammad bin Tsabit bin Siba’ mengabarkan kepadanya bahwa Ummu Kurz mengabarkan kepadanya, bahwa ia pernah bertanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang akikah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam lalu menjawab: “Dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Dan tidak ada masalah bagi kalian apakah kambing tersebut jantan atau betina.” (H.R. At-Tirmidzi)
Lafadz lain riwayat At-Tirmidzi berbunyi;
Dari Yusuf bin Mahak Bahwasanya mereka pernah masuk menemui Hafshah binti ‘Abdurrahman, mereka bertanya kepadanya tentang hukum akikah. Lalu Hafshah mengabarkan bahwa ‘Aisyah pernah memberitahunya, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan para sahabat untuk menyembelih dua ekor kambing yang setara untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.” (H.R. At-Tirmidzi)

Abu Dawud juga meriwayatkan hadis yang semakna sebagai berikut;
Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya, aku diberitahu dari kakeknya, ia berkata; Rasulullah Saw ditanya mengenai aqiqah, kemudian beliau berkata: “Allah tidak menyukai tindakkan durhaka.”Sepertinya beliau tidak menyukai nama tersebut. Dan beliau berkata: “Barangsiapa yang anaknya telah dilahirkan dan ia ingin menyembelih untuknya maka hendaknya ia menyembelih untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang setara dan untuk anak wanita satu ekor kambing.” (H.R. Abu Dawud)

Sementara dalam hal anak kembar maka para Ulama menjelaskan bahwa untuk anak kembar, masing-masing anak diakikahi sendiri-sendiri.

al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqolaaniy rahimahullah menyatakan:

Kalau seandainya dilahirkan dua anak dalam satu perut (terlahir kembar, pent), akikahnya adalah untuk setiap anak (sendiri-sendiri). Hal ini disebutkan Ibnu Abdil Bar dari al-Layts dan ia berkata: Saya tidak mengetahui ada satu orang saja dari para Ulama yg berbeda pendapat dalam hal itu (Fathul Baari syarh Shohih al-Bukhari li Ibn Hajar (9/592))

Jadi jika anak kembar tersebut terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan maka akikah sebanyak  3 ekor kambing. Namun bila orang tua tidak mampu, tidak mengapa melakukan akikah masing-masing anak 1 kambing.

Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *