MUI Medan Adakan Muzakarah Penyeragaman Khutbah Idul Adha

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan akan melaksanakan Muzakarah “Penyeragaman Khotbah Idul adha”, Sabtu (3/9) di Aula Kantor MUI Kota Medan Jalan Nusantara No. 3 Medan.

Hal itu dijelaskan Ketua Umum MUI Kota Medan Prof. Dr. H. Mohd. Hatta kepada Analisa, Kamis (1/9).

Kegiatan muzakarah ini akan dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB hingga menjelang Zuhur, dengan pembicara  Dr. Ir. H. Masri Sitanggang, MP dan Dr. H. Nahar Abdul Ghani Lc, MA.

“Kita bukan mencoba menyeragamkan para ustaz yang nantinya akan bertugas menjadi khotib Idul adha 1437 H yang akan datang, namun paling tidak mereka bisa memilah tema-tema sentral yang nantinya akan mereka sampaikan,”ujar Prof. Hatta.

Selama ini tema yang dimunculkan hanya berkenaan mengenai kisah pengkurbanan Nabi Ismail yang dilakukan Nabi Ibrahim saja tidak masuk kepada substansi dari makna kurban itu sendiri.

“Tidak salah memang kalau kita  mencoba menceritakan asal muasal dari syariat kurban ini, namun alangkah lebih berkembangnya jika juga dimasukkan tema-tema yang lebih memberikan motivasi kepada umat untuk berkurban,”ujar Guru Besar Ilmu Dakwah UIN Sumatera Utara ini.

Kegiatan muzakarah ini terbuka untuk umum, tidak hanya diperuntukkan untuk para ustadz.

Hatta juga mengimbau agar masyarakat bisa mengikuti muzakarah ini, yang memang menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh MUI Kota Medan.

Hatta didampingi Sekretaris Umum MUI Kota Medan Dr. M. Syukri Albani dan Ketua Komisi Infokom H. Ali Murthado M. Hum menambahkan MUI Kota Medan akan melaksanakan beberapa kegiatan yang semuanya diperuntukkan untuk umum.

Ini dilakukan agar masyarakat lebih memahami Islam dari sudut pandang yang komperhensif sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam mempelajari Islam.

“Apalagi sekarang muncul paham-paham yang mencoba menafsirkan nilai-nilai Islam menurut pandangannya sendiri bukan menurut pandangan para ulama mu’tabar,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *