Hukum Talaq Tiga Dalam Sekali Ucapan

Dr. H. Hasan Matsum, M.Ag

Wakil Ketua Umum MUI Kota Medan

Pertanyaan :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ustadz, saya seorang suami yang sedang bingung. Beberapa hari yang lalu saya menceraikan isteri saya dengan  talak tiga sekaligus. Setelah talak saya ucapkan saya benar-benar merasa menyesal, kemudian saya bertanya kepada beberapa orang yang ada di sekitar tempat tinggal saya, namun saya bingung karena jawaban mereka berbeda-beda, ada yang mengatakan bahwa talak tiga yang saya jatuhkan telah sah, namun ada yang mengatakan bahwa talak tiga sekaligus itu jatuh satu. Saya mohon penjelasan dari ustadz, atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.

Jawaban :

Apabila suami mengatakan kepada isterinya engkau telah kutalak, engkau telah tertalak ba’in, atau engkau telah kutalak tiga sekaligus, maka dalam hal ini menurut pandangan jumhur ulama yang jatuh adalah menurut niatnya, jika ia niatkan satu maka jatuh talak satu, jika ia niatkan dua maka jatuh talak dua, dan seterusnya.  Hal ini  berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut :

Artinya : Menceritakan kepada kami Ibnu Sarh dan Ibrahim bin Khalid al-Kalbi, mereka mengatakan, menceritakan kepada kami Muhammad bin Idris asy-Syafi’i, dia mengatakan, menceritakan kepadaku pamanku Muhammad bin Ali bin Syafi’ dari Abdullah bin Ali bin Sa’ib dari Nafi’ bin ‘Ujair bin Abdi Yazid bin Rukanah, bahwa Rukanah bin Abdi Yazid telah mentalaq isterinya yang bernama Suhaimah dengan talaq mutlak (talaq tiga sekaligus), lalu ia ceritakan kepada Rasulullah yang demikian itu sembari berkata, demi Allah tidaklah kumaksudkan kecuali talaq satu, maka berkata Rasulullah, demi Allah tidak engkau maksudkan kecuali talak satu ?, maka berkata Rukanah, demi Allah tidaklah kumaksudkan kecuali talaq satu, – berdasarkan   sumpahnya ini – maka Rasulullah mengizinkan Rukanah merujuk isterinya yang telah ditalak tersebut, dan Rukanah menjatuhkan talak yang kedua kepada isterinya di zaman Umar bin Khattab dan yang ketiga di zaman Usman bin Affan. (HR. Abu Daud dan Baihaqi). Lihat juga Wahbah az-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuh, Jilid VII, hlm. 394-395.

Di dalam kitab hadis Subulussalam diceritakan bahwa pada masa Rasulullah, Abu Bakar, dan dua tahun awal kekhalifahan Umar bin Khattab, talaq tiga sekaligus dipandang talaq satu, lalu berkata Umar bin Khattab, sesungguhnya manusia terlalu tergesa-gesa pada masalah yang seharusnya mereka bersabar, seandainya talak tiga sekaligus itu kita berlakukan maka pasti berlaku bagi mereka (tertalaqlah isteri-ieteri mereka itu dengan talaq tiga). (Subulussalam, Juz. III, halaman 171)

6 tanggapan untuk “Hukum Talaq Tiga Dalam Sekali Ucapan

  • Januari 31, 2017 pada 10:19 pm
    Permalink

    Jadi, yg benar adalah masih talaq satu ya ustadz ? Apabila kita mengucapkan talaq tiga sekaligus dng niat menjatuhkn talaq tiga

    Balas
    • Oktober 8, 2019 pada 7:09 am
      Permalink

      Assalamualaikum.
      ustadz saya mau bertanya.
      beberapa minggu yang lalu suami saya mentalak saya dengan talak 3 sekaligus.
      kemudian suami saya ingin rujuk kembali..
      karena saat ini saya juga dalam posisi sedang hamil.
      apakah talak yang di ucapkan suami saya langsung talak 3 apa masih talak 1.
      karena saya bertanya ke beberapa ustadz jawaban nya berbeda…

      Balas
  • Maret 13, 2017 pada 6:31 am
    Permalink

    Assalamualaikum Pak Ustad…

    saya mau bertanya. beberapa waktu lalu adik saya dipaksa/diancam sehingga dia menikasi wanita secara siri. Adik saya telah mengucapkan talaq beberapa kali tapi si wanita tidak mau menerima. Adik saya diminta datang ke rumah si wanita tapi seperti pengalaman yang sudah2 kalau ke rumahnya yang ada adik saya diancam lagi dan takutnya nanti terjadi hal buruk terhadap adik saya. Mohon bantuannya pak Ustad bagaimana penyelesaian masalah ini. Terima kasih banyak.

    Wassalam…
    Ira

    Balas
  • Mei 21, 2018 pada 6:08 am
    Permalink

    Ustadz saya mw tanya .saya sudah 2 x mentalak 3 istri saya .yg pertama tujuk kemudian talak 3 lg .dan saya menyesal sekarang berniat rujuk kembali .apakah bisa atau tidak pak ustadz ?

    Balas
  • Mei 21, 2018 pada 6:17 am
    Permalink

    Assalamulaikum pak ustadz.
    Saya mw nanya pak ustadz .saya sudah menceraikan istri saya dgn talak 3 kemudian kami rujuk . Sekarang cerai lagi ,saya talak 3 juga .saya sangat menyesal pak ustadz .apa kah saya masih bisa rujuk lagi sama istri saya pak ustadz ?

    Balas
  • September 3, 2018 pada 4:20 pm
    Permalink

    klo suamo mentalak istrinya lgsg talak 3 dalam satu ucapan tp dalam keadaan marah emosi itu apakah itu dijatuhkan talak satu atau tetap talak 3 pak ustadz? dan masih bisa rujuk kembali tidak? hukumnya apa?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *