Keutamaan Surat Al-Baqarah

Dr. H. Ahmad Zuhri, Lc. MA

Ketua Komisi Fatwa MUI Kota Medan

Lebih dari 100 Riwayat  yang menyatakan (kebanyakan Hadis-hadis Shaheh), bahwa sihir,  Syetan, Jin, Tuyul dan sejenisnya akan lari dan tidak sanggup memasuki / menganggu Rumah, Ruko, Kantor dan sejenisnya yang dibacakan surat al-Baqarah. Oleh karenanya Nabi dan Ibnu Abbas ketika pindah rumah baru atau menempati rumah baru, membaca Surat al-Baqarah disetiap sudut-sudut rumah  Diantara hadis-hadis tersebut:

أَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ قَالَ مُعَاوِيَةُ بَلَغَنِي أَنَّ الْبَطَلَةَ السَّحَرَةُ

Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Baqarah, karena dengan membacanya akan memperoleh barokah, dan dengan tidak membacanya akan menyebabkan penyesalan, dan pembacanya tidak dapat dikuasai (dikalahkan) oleh tukang-tukang sihir.” Mu’awiyah berkata; “Telah sampai (khabar) kepadaku bahwa, Al Bathalah adalah tukang-tukang sihir.” (HR. Muslim).

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al Baqarah.” (HR. Muslim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *