Bangun Kesuksesan Lewat Mesin Kecerdasan

Buku                          : Ini Gue Banget

Penulis                      : Brilli Agung dan Dodi Rustandi

Penerbit                     : Elex Media Komputindo

Tahun Terbit             : 2017

Halaman                    : 180 halaman

Siapakah yang pantas membaca buku ini? Remaja? Tidak juga. Meski ditulis dengan gaya penulisan populer, tetap saja buku ini layak dibaca oleh siapa saja. Termasuk, orang tua. Sebab dengan mengenal mesin kecerdasan anak, orang tua mampu menjadi mentor untuk kesuksesan anaknya. Orang tua jadi tahu sekolah seperti apa yang layak untuk anaknya dan menjadi tahu bagaimana cara berinteraksi dengan anaknya. Sebab, tidak semua anak bisa dididik dengan cara yang sama. Dan, tidak setiap kakak-adik memiliki mesin kecerdasan yang sama.

Bagi remaja, buku ini memang sangat layak dikonsumsi. Sebab, bisa membimbing di saat sedang galau memilih jalan yang bakal dilalui untuk menggapai kesuksesan di masa depan. Dengan mengenal mesin kecerdasan, kita bisa tahu kuliah apa yang layak ditempuh. Dengan tahu mesin kecerdasan, kita bisa tahu passion apa yang cocok dengan diri kita. Sehingga tidak menghabiskan energi dan uang yang banyak untuk menuju kesuksesan yang ingin diraih. Bukankah prinsip ekonomi mengajarkan, jika ada yang murah kenapa harus yang mahal? Jika ada jalan yang mudah membimbing kita untuk meraih kesuksesan, kenapa harus berdarah-darah dulu baru bisa mencapai kesuksesan?

Buku “Ini Gue Banget” ditulis oleh Brili Agung dan Dodi Rustandi dengan memilih konsep STIFIn sebagai langkah tepat untuk menemukan mesin kecerdasan. Bila tidak mampu membayar tes STIFIn dengan menggunakan pinger print, penulis memberikan solusi dengan cara menjawab pertanyaan yang terdapat di dalam angket, yang dicantumkan di dalam buku ini. Pembaca diminta penulis untuk jujur menjawab. Bila sudah terisi, maka nantinya akan ketahuan mesin kecerdasan apa yang dimiliki secara otomatis. Bisa jadi memiliki mesin kecerdasan Sensing, Mesin kecedasan thinking, Mesin kecerdasan intuiting, mesin kecerdasan feeeling atau mesin kecerdasan insting.

Setelah ketahuan mesin kecerdasan, kita juga dibimbing untuk mengenal drivernya. Apakah tergolong introvert atau ekstrovert. Bila sudah ketahuan mesin kecerdasan dan drivernya, maka kita tinggal membentuk diri saja. Misalnya kita memiliki mesin kecerdasan sensing lalu ingin menjadi hafidz qur’an, maka metode apakah yang cocok dalam penghapalan ayat-ayat Qur’annya? Karena sensing adalah memiliki kekuatan perihal ingatan yang kuat, maka metode menghafal al-Qur’an dengan cara mendengar rekaman ayat yang dihapal sebanyak lima kali agar teringat di dalam memori otak. Sekaligus, sambil mendengar dilihat juga qur’annya, supaya ingat letak ayat yang dihapal. Baru setelah itu, ia mengulang-ulang ayat tersebut lima kali dan kemudian menutup al-Qur’an. Insya Allah akan mudah menghafal qur’an. (hal. 113)

Berbeda dengan pemilik mesin kecerdasan intuiting. Karena masin kecerdasannya mengarah indera keenam dan kuat pada kata. Maka sebelum menghafal, ia diminta untuk membaca terjemah ayat yang mau dihapal sebanyak lima kali. Setelah itu, mintalah ayat yang dihafal lima kali, baru kemudian diminta menutup qur’an. Mintalah untuk menghafal ayat al-Qur’an dengan menggunakan tangan atau wajah. Jika cara ini digunakan, anak tersebut akan nyaman menghafal sebab ia sudah mengetahui alur terjemah dari ayat yang dihafalnya. (hal. 114)

Masih banyak lagi penjelasan lain yang dipaparkan di dalam buku ini. Bagaimana cara anak berinteraksi dengan orang tuanya setelah mengetahui mesin kecerdasan orang tuanya. Intinya, buku ini hanya menjembatani kita agar bisa ‘kompak’ dalam membangun kesuksesan. Anak yang sukses akan membanggakan orang tuanya. Orang tua yang berhasil membantu kesuksesan anaknya akan membuat keharmonisan dan kedekatan anak dengan orang tuanya. Mari pelajari mesin kecerdasan keluarga kita agar bisa sukses bersama-sama. Selamat membaca!

Rahmat Hidayat Nasution, Penulis buku “70 Pesan Terakhir Rasulullah SAW untuk Muslimah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *