MUI Kota Medan Kerjasama Dengan UMA Sosialisasi Produk Halal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan melakukan perjanjian kerjasama dengan Universitas Medan Area (UMA) tentang pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan sosialisasi produk halal. Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut langsung dilakukan Ketua MUI Kota Medan, Prof. Dr. Mohd. Hatta bersama Rektor UMA Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc, di kampus UMA Jalan Kolam Medan, Senin (11/2).

Perjanjian kerjasama hingga 5 tahun ke depan ini akan dibentuk satuan kelompok kerja terdiri dari perwakilan MUI Kota Medan dan UMA untuk mengkoordinasi program-program yang disepakati dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan sosialisasi produk halal.

Ketua Umum MUI Kota Medan, Prof Dr Muhammad Hatta mengatakan, MUI Kota Medan sudah melakukan kerjasama untuk berbagai bidang dengan perguruan tinggi, namun dengan UMA ada beberapa point yang terkhusus yakni pengabdian masyarakat.

“hal ini sesuai dengan peran utama MUI Kota Medan yakni sebagai Khadimul Ummah yang memang mutlak untuk dilaksanakan.
“Kami berbahagia bisa kerjasama dengan UMA yang memiliki reputasi baik ditengah masyarakat dan merupakan kampus yang sangat aman. Apalagi UMA ini histori nya didirikan orang yang cinta agama sehingga kita punya tanggungjawab membangun moral masyarakat kita,” ujarnya.

Sebab, lanjut Prof. Hatta, secara konsepsi akademik ataupun secara agama Islam pengabdian masyarakat merupakan bagian tugas pokok, meski seringkali pengabdian ini tumpang tindih sehingga muncul persepsi yang keliru ditengah masyarakat.

Sedangkan untuk produk halal, diungkapkan Prof. Hatta, selama ini MUI Kota Medan mengeluarkan sertifikat halal pada berbagai produk dengan ketersediaan laboratorium yang cukup canggih.
“Tapi dimulai tahun ini MUI akan beralihfungsi tidak lagi penerbit sertifikat tapi diberi tugas pemegang fatwa dan membentuk LPH,” ucapnya.

Rektor UMA, Prof. Dr. Dadan Ramdan, menyatakan, sangat senang bisa bekerjasama dengan MUI Medan, meski bukan perguruan tinggi Islam tapi ingin menjadi perguruan tinggi islami dan siap mensosialisasikan tentang produk-produk halal.

Hadir dari MUI Medan dalam acara tersebut Wakil Ketua Umum Dr. H. Hasan Matsum, M.Ag, Sekretaris Umum Dr. H. M. Syukri Albani Nasution, MA dan pengurus lain H. Rahmat Hidayat Nasution, Dr. Mustapa Khamal Rokan, Yuni Naibaho dan Suaif Rizal.

“Kami juga punya program pengabdian masyarakat yang wajib untuk dosen sehingga ke depan akan dilanjutkan dengan sosialisasi produk halal karena masih banyak yang buta mana saja produk-produk halal dan yang tidak halal,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *